Rabu, 29 Februari 2012

KANGURU dan MARSUPIALIA LAIN


Marsupialia merupakan mamalia yang membawa bayinya di dalam kantung. Binatang ini mencakup sekitar 250 jenis. Sebagian besar hidup di Australia, Papua Nugini, dan Amerika.

Kanguru merupakan marsupialia terbesar. Beberapa diantaranya memiliki tinggi hampir dua meter. Kehidupan kanguru di Australia mirip dengan kawanan antelop yang hidup di dataran afrika. Kanguru merupakan hewan tak berkuku. Mereka bergerak lebih banyak dengan cara melompat. Kanguru menjelajah dan makan rumput seperti antelop. Kepala dan rahangnya juga mirip antelop. Para peternak biasa memburu kanguru karena menghabiskan rumput pakan domba.

JENIS KANGURU

Terdapat kurang lebih 60 jenis kanguru. Yang terkecil kira-kira seukuran kelinci disebut kanguru tikus. Walabi merupakan kanguru berukuran sedang. Kanguru merah dan kanguru abu-abu merupakan spesies terbesar. Biasanya, mereka hidup dalam kelompok kecil yang disebut mob. Walaupun kanguru dewasa memiliki tinggi hampir sama dengan manusia, anak kanguru yang biasa disebut joey hanya memiliki panjang 2,5 cm ketika dilahirkan.
 
KEANEKARAGAMAN

Tidak semua marsupialia merupakan pemakan rumput. Seperti mamalia di tempat-tempat lain di dunia, marsupialia Australia telah mengembangkan kebiasaan khas. Oposum dan kuskus hidup di pepohonan seperti kera dan tupai, sementara koala mirip beruang kecil. Bahkan ada marsupialia kecil yang disebut tikus mondok. Selain itu, juga terdapat banyak marsupialia karnivora atau pemakan daging, diantaranya musang buas Tasmania yang mirip anjing.

SPESIES YANG PUNAH

Serigala Tasmania atau thylacine merupakan marsupialia anjing yang lain. Namun, jenis marsupialia ini tidak pernah lagi terlihat sejak tahun 1936. Kemungkinan besar, jenis ini telah punah. Karena dianggap sebagai pemangsa domba, para petani memburu serigala ini. Banyak marsupialia Australia lain punah karena diburu dan dibunuh kucing, anjing, dan mamalia lain yang diperkenalkan oleh manusia.
 
KANGURU LAHIR TIDAK BERDAYA

Kanguru terlahir buta dan tidak berdaya, lebih terlihat seperti tempayak daripada kanguru. Segera setelah dilahirkan, bayi kanguru harus segera merangkak ke kantung ibunya. Di situ, bayi menyusu dan tumbuh. Kaki belakang dan ekor perlahan mulai memanjang. Setelah enam bulan hidup di kantung ibunya, bayi siap memulai kehidupan di luar. Namun, apabila terancam, kanguru kecil akan segera melompat untuk berlindung ke kantung ibunya.



sumber : Ensiklopedia Pengetahuan Populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar