Sabtu, 10 Maret 2012

ALAT MUSIK




Alat musik menghasilkan getaran yang diubah menjadi suara. Sebagian besar alat musik memiliki pola titinada sendiri. Setiap alat musik memiliki suara khas yang biasa disebut timbre atau warna suara.
Secara ilmiah alat musik dapat digolongkan atas beberapa jenis. Jenis aerofon yang membuat udara bergetar dengan sendirinya. Kordofon, dengan satu atau lebih senar bergetar. Membranofon, dengan kulit atau membran yang direntangkan bergetar. Dan idiofon dengan seluruh badan alat musik bergetar. Penggolongan alat musik yang lebih populer adalah alat musik gesek, alat musik tiup kayu, alat musik logam (kuningan), alat musik pukul(perkusi), serta instrumen keyboard, elektrik, dan suara.

ALAT MUSIK GESEK

Alat musik gesek mengeluarkan suara dari senar yang bergetar. Pada biola, biola alto, cello, dan bas ganda, senar-senar biasanya digesek dengan stik untuk membuat senar bergetar. Pada alat musik gesek yang lain, khususnya gitar, senar dipetik. Pemain menekan senar dengan menggunakan jari. Bagian yang terbuat dari kayu bergetar selaras dengan senar yang menghasilkan suara dan nada.
Biola
Cello

ORKES SIMFONI

Sebuah orkestra melibatkan satu paket alat musik gesek yang terdiri atas biola, biola alto, cello, dan bas ganda. Satu pake brass yang terdiri atas terompet dari kuningan, trombone, dan tuba. Paket alat musik tiup yang terdiri atas clarinet, oboe, serunai, flute, dan piccolo. Dan paket alat musik pukul yang terdiri atas timpani, gong, glockenspiel , drum bas, dan berbagai alat musik pukul yang lain.

 ~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~

Harpa Irlandia biasa dibawa dari satu kota ke kota lain oleh penyanyi atau musisi pada abad pertengahan.












Alat musik tiup sepanjang 1,8 m sangat populer selama tahun 1600-an dan 1700-an.








Dari tahun 1100-an, hurdy-gurdy (orgel jalanan) menemani para penyanyi di pesta besar dan acara dansa.



Harpa Yahudi dimasukkan ke mulut, sementara jari menarik tongkatnya.
                             





 ~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~

ALAT MUSIK KUNINGAN (BRASS)


Alat musik kuningan hampir semuanya terbuat dari kuningan atau logam lain. Mulut pemain bergetar dalam tatakan mulut yang berbentuk seperti cangkir. Pipa membesar getaran ini dan mengubah nadanya. Terompet dan tuba memiliki katup yang memperpendek panjang pipa untuk menghasilkan nada. Panjang pipa, ukuran lubang, dan bentuk corong (bagian ujung yang melebar) menentukan tingkat nada dan nada khusus masing-masing alat.

          Terompet                                        
 Trombone
Tuba

ALAT MUSIK TIUP DARI KAYU

Alat musik tiup dari kayu membuat getaran udara di dalam pipa. Walaupun terbuat dari kayu, klasifikasi alat musik tiup bukan berdasarkan bahannya, melainkan cara memainkannya. Beberapa alat musik jenis ini, seperti flute dan recorder, memiliki tatakan mulut yang secara langsung mengubah nafas pemain menjadi getaran. Oboe, clarinet, dan serunai memiliki buluh getaran nada yang kecil. Pemain memperdengarkan nada-nada yang berbeda dengan membuka atau menutup lubang-lubang disamping pipa.

Clarinet
 Oboe

ALAT MUSIK PUKUL

Alat musik pukul dimainkan dengan cara  dipukul. Drum memiliki membran kuat  yang dibentangkan di kerangka dan dipukul oleh pemain dengan menggunakan tangan, jari, atau stik. Udara didalam kerangka, atau kerangka itu sendiri, membuat membran getar berbunyi lebih keras. Genta, simbal, dan gong bergetar ketika dipukul. Beberapa alat musik pukul, seperti drum dan genta, memperdengarkan ketinggian nada yang sudah pasti. Namun, untuk gong dan simbal, sulit untuk menetapkan nadanya.
Timpani (Kettledrum)

~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~.~

Gitar listrik memiliki bagian utama yang datar dan kuat, serta pengangkat elektrik di bawah setiap senar.


Saksofon memiliki corong yang melebar, tatakan mulut tunggal dan sangat populer dalam musik jazz.









Peralatan drum musik rock meliputi drum bas, floor toms, simbal, dan genderang kecil.









Orgel gereja memiliki satu atau lebih keyboard dan beberapa baris pipa.










sumber : Ensiklopedia Pengetahuan Populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar